Sabtu, 18 April 2015

TMC Polda Metro Jaya

TMC Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro

Nama Polda Metro Jaya awalnya adalah Kantor Besar Polisi Jakarta. Namun menjelang pengembalian kedaulatan ke Republik Indonesia, dibentuklah kepolisian di Jakarta yang diberi nama Kantor Polisi Komisariat Jaya disingkat menjadi Kepekomjaya. Nama Komdak disandang kesatuan ini pada tahun 1965 pada masa Brigjen Raden Mas Sawarno Tjokrodiningrat menjabat sebagai Kepala Kantor Polisi Komisariat Jaya.
Komdak VII Jaya adalah singkatan dari Komandan Daerak Kepolisian VII Jaya. Pada tahun 1967, nama tersebut diubah lagi menjadi Komando Daerah Kepolisian Metro Jaya yang disingkat menjadi Komdak Metro Jaya. Kata Metro diambil setelah Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta menyatakan Kota Jakarta sebagai kota metropolitan. Dan nama metro ini terus dipertahankan hingga nantinya menjadi Polda Metro Jaya.
TMC Polda Metro Jaya memliki akun twitter yang akan kita bahas dan juga dianalisa mengenai akun tersebut.



Gambar 1. Halaman depan twitter TMC Polda Metro


Analisa akun twitter @TMCPoldaMetro
1. Konten Tweet
Pada setiap isi tweet dari @TMCPoldaMetro berisi informasi mengenai aktifitas lalu lintas yang terjadi di sekitar JABODETABEK dan juga himbauan kepada setiap masyarakat akan kesadaran berkendara dalam mentaati peraturan yang berlaku demi keselamatan kita semua. Informasi yang disajikan cukup baik untuk kita yang sedang berada di jalan. Karena @TMCPoldaMetro menginformasikan daerah-daerah mana saja yang terkena atau terdapat kemacetan. Tetapi tidak hanya @TMCPoldaMetro yang memberikan informasi kemacetan, para followers dari @TMCPoldaMetro juga berbagi informasi seputar lalu lintas kepada @TMCPoldaMetro melalui mentions dan akan dilanjutkan oleh @TMCPoldaMetro dengan Retweet atan Reply.


Gambar 2. Konten Tweet


2. Keaktifan
Dilihat dari tweet yang muncul, akun @TMCPoldaMetro dapat dikatakan aktif. Karena akun @TMCPoldaMetro selalu update dalam 24 jam sehari.


Gambar 3. Keaktifan


3. Tanggapan Kasus
Karena @TMCPoldaMetro menangani masalah dibidang lalu lintas maka kasus yang ditangani oleh @TMCPoldaMetro adalah ketertiban dalam menjalankan peraturan di jalan oleh pengendara dan juga sarana dan prasarana lalu lintas yang bekerja dengan baik atau tidak. Semua akan dipantau oleh @TMCPoldaMetro untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Bila terjadi kerusakan sarana dan prasarana lalu lintas @TMCPoldaMetro akan berusaha untuk memperbaiki.



Gambar 4. Tanggapan Kasus

4. Respon Keluhan dari Masyarakat
Dalam menanggapi mention yang masuk @TMCPoldaMetro termasuk responsif tetapi tidak semua pertanyaan dibalas dengan cepat. Itu terlihat dari mention yang masuk dan  juga balasan yang diterima.



Gambar 5. Respon Keluhan


5.  Etika Membalas
Dilihat dari balasan mention @TMCPoldaMetro dapat dinilai bahwa akun @TMCPoldaMetro sudah menggunakan bahasa yang baik dalam membalas mention dari masyarakat.




 

Gambar 6. Etika Membalas


Kesimpulan :
Menurut analisa yang sudah dijabarkan, maka menurut pendapat saya akun @TMCPoldaMetro sudah masuk dalam kategori baik. Karena setiap informasi yang diberikan oleh @TMCPoldaMetro bermanfaat bagi para pengendara dan juga balasan tweet @TMCPoldaMetro yang ditujukan oleh masyarakat dibalas dengan tata bahasa yang baik.



Sumber :
http://www.anneahira.com/polda-metro-jaya.htm
http://diananuramalina.blogspot.com/2015/04/akun-twitter-kemdikbudri.html#more

https://twitter.com/TMCPoldaMetro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar